5 Hal Yang Dapat Membuat Organ Hati Menjadi Rusak

Sama seperti organ bagian tubuh lainnya, Hati termasuk organ tubuh bagian dalam yang penting untuk diperhatikan kesehatannya dan dijaga fungsinya tetap berjalan. Karena saat Hati mengalami kerusakan, kondisi tersebut secara tidak langsung juga dapat berpengaruh pada organ-organ lainnya yang berkaitan dengan Hati.

Hati juga termasuk organ terbesar di dalam tubuh kita. Hati berfungsi sebagai penyaring darah, organ yang baik dalam memproses nutrisi, membantu melawan infeksi, memproduksi protein untuk pembekuan darah dan masih banyak lagi. Saat fungsinya terganggu, maka kinerja hati juga tidak akan maksimal, dan Hati menjadi tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik untuk ubuh kita. Akibatnya? Kondisi ini bisa menyebabkan Hati menjadi ‘rusak’.

5 Hal Yang Dapat Membuat Organ Hati Menjadi Rusak

Maka dari itu sangat penting untuk kita menjauhi 5 Hal Yang Dapat Membuat Organ Hati Menjadi Rusak berikut ini diantaranya :

1. Acetaminophen.

Mengkonsumsi Acetaminophen dalam dosis tinggi dapat menyebabkan gagal Hati, hingga kematian. Acetaminophen atau obat yang sering dikonsumsi untuk mengatasi demam atau nyeri ini, sebaiknya dikonsumsi sesuai petunjuk dokter.

2. Merokok.

Merokok tidak baik untuk kesehatan dan meningkatkan risiko dari Kanker Hati dan Sirosis Hati. Zat kimia beracun yang terdapat di dalam rokok menyebabkan terjadinya inflamasi (peradangan). Merokok juga mempromosikan produksi Sitokin, yakni zat kimia yang menyebabkan inflamasi dan kerusakan sel Hati.

3. Soda.

Minuman bersoda yang merupakan salah satu penyebab Obesitas, juga dapat membahayakan kesehatan Hati. Dalam penelitian terbaru yang kemudian diterbitkan melalui Journal of Hepatology menemukan fakta bahwa orang yang mengonsumsi satu atau lebih minuman manis setiap hari, berisiko memiliki penanda penyakit lemak Hati yang lebih tinggi. Risiko tersebut semakin besar pada penderita obesitas.

4. Obesitas.

Obesitas diperkirakan berperan banyak menjadi penyebab penyakit lemak Hati. Penyakit tersebut terjadi ketika terlalu banyak lemak disimpan dalam sel Hati. Ketika sel Hati memiliki terlalu banyak lemak, Sirosis dan Gagal Hati dapat terjadi.

5. Alkohol.

Selain merkok, faktor lain turut memegang peranan pasti tentang kebiasan mengkonsumsi minuman beralkohol. Alkohol menjadi penyebab utama dari terjadinya Sirosis atau penyakit Hati lainnya. Bahkan, menurut American Liver Foundation, diperkirakan ada 10-15% peminum alkohol berat akan mengalami jaringan parut Hati.

Semoga bermanfaat, salam.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *