Akhirnya Wabah Demam Kuning Yang Terburuk Di Dunia Berakhir

Desember lalu, seperti yang dilansir oleh detikhealth bahwa wabah kuning di Angola, sebagai wabah demam kuning terburuk di dunia dinyatakan berakhir. Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), setelah tidak ada lagi kasus demam kuning pada 6 bulan terakhir disana.

Akhirnya Wabah Demam Kuning Yang Terburuk Di Dunia Berakhir

Kementrian kesehatan Angola juga memberikan penyataan setelah WHO mengumumkannya. Dalam pernyataan tersebut, diketahui jika upaya dari gabungan WHO, PBB dan Pemerintahan Angola dalam pemberian vaksin adalah kunci utama dari suksesnya penghentian wabah kuning ini.

Kementerian Kesehatan Angola juga berujar bahwa “Total cakupan vaksinasi mencapai 25 juta orang yang diberikan kepada 15 juta penduduk Angola dan 10 juta penduduk Republik Demokratik Kongo dalam waktu 3 bulan saja,” seperti yang dikutip dari Reuters.

Vaksinasi massal darurat di Angola dan Kongo dimulai sejak 15 Agustus 2016. Diperkirakan ada sekitar 41.000 petugas kesehatan gabungan dari WHO, Republik Demokratik Kongo dan Angola yang bertugas untuk melakukan vaksinasi di lebih dari 8.000 titik. Selain klinik kesehatan, vaksinasi juga dilakukan di sekolah-sekolah dan gereja. WHO juga menjelaskan jika wabah demam kuning yang terjadi di Angola dan Kongo merupakan yang terburuk dalam beberapa dekade terakhir. Wabah yang dimulai tahun lalu ini menginfeksi lebih dari 6.000 jiwa dan 400 diantaranya meninggal dunia. Wabah demam kuning ini bermula dari daerah kumuh di Luanda, ibukota Angola. Sanitasi yang buruk ditunjang dengan cuaca panas akibat ‘El Nino’ membuat perkembangbiakan nyamuk yang membawa virus demam kuning meningkat berkali-kali lipat.

Demam kuning merupakan penyakit bersumber nyamuk mirip dengan chikungunya dan demam berdarah. Karena masih tergolong keluarga Flavirus, gejala awal yang ditimbulkan biasanya tidak parah. Sakit kepala, mual, demam dan kehilangan nafsu makan merupakan gejala awal yang umum terjadi. Sekitar 15% pasien demam kuning mengalami fase dua, di mana keparahan penyakit meningkat dan bisa menyebabkan kematian. Virus yang ada masuk menyerang hati sehingga menyebabkan kulit pasien berwarna kekuningan dan rasa sakit di bagian perut.

Akhirnya Wabah Demam Kuning Yang Terburuk Di Dunia Berakhir |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *