Apa Saja Jenis-jenis Penyakit Hepatitis?

Penyakit Hepatitis, adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus Hepatitis. Hepatitis A contohnya, jenis Hepatitis ini disebabkan oleh penularan virus Hepatitis A yang telah mengkontaminasi makanan yang kita konsumsi. Penyakit Hepatitis A ini bisa sembuh dengan sendirinya asal beristirahat total dan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Kabarnya jika Hepatitis A tidak mendapat penanganan yang tepat, atau terus memburuk bisa menyebabkan sakit yang lebih parah seperti kuning, dan kerusakan hati.

Apa Saja Jenis-jenis Penyakit Hepatitis?

Jika Hepatitis A disebabkan oleh virus Hepatitis A, maka bagaimana dengan penyakit Hepatitis lainnya? Ya, karena Hepatitis terbagi-bagi kedalam beberapa jenis maka, Anda wajib mengetahui beberapa jenis Hepatitis lainnya. Dan berikut ini selengkapnya.

Baca juga : Mitos Dan Fakta Seputar Hepatitis A

  • Hepatitis B.

Penyebab dari Hepatitis B adalah HBV (virus Hepatitis B), yang ditularkan melalui darah, air mani, dan cairan tubuh lainnya. Penyakit ini juga bisa ditularkan melalui ibu yang terinfeksi kepada anaknya. Hepatitis B adalah penyakit yang dapat menimbulkan resiko bagi petugas yang menanganinya sebab mereka dapat tertular melalui jarum suntik yang dipakai untuk merawat pasien hepatitis B.

  • Hepatitis C.

Penyebab adalah HCV (virus Hepatitis C). Dalam beberapa kasus sebagian besar penyakit Hepatitis C ditularkan melalui darah. Contohnya penularan melalui transfusi darah yang sebelumnya terinfeksi penyakit Hepatitis C, suntikan yang terkontaminasi, hingga pemakaian jarum suntik yang bergantian diantara pengguna narkoba. Selain itu, belum ada vaksin untuk Hepatitis C. Akibat dari Hepatitis C yang tidak mendapatkan penanganan akan berakhir dengan penyakit kanker hati.

  • Hepatitis D.

Disebabkan oleh HDV (virus Hepatitis D). Hepatitis D bisa dikatakan sebagai penyakit lanjutan dari Hepatitis B. Gabungan dari kedunya dapat menimbulkan penyakit yang lebih buruk.

  • Hepatitis E.

Disebabkan oleh HEV (virus Hepatitis E). Sama dengan Hepatitis A, Hepatitis E ditularkan melalui konsumsi makanan atau air yang dikonsumsi, yang telah terkontaminasi virus Hepatitis E. Hepatitis E termasuk penyakit umum yang banyak terjadi di negara berkembang dengan sanitasi lingkungan yang buruk.

Dari kelima jenis Hepatitis tersebut, penyakit Hepatitis yang cukup berbahaya adalah Hepatitis B da C. Selain itu hampir keseluruhan dari penderita Hepatitis B maupun C tidak menyadari jika mereka terinfeksi virus tersebut. Sayangnya hingga kini vaksin untuk penyakit Hepatitis B dan C belum ditemukan para ahli.

Apa Saja Jenis-jenis Penyakit Hepatitis? |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *