Apakah Bayi Kuning Boleh Disusui Ibunya?

Apakah Bayi Kuning Boleh Disusui Ibunya? Mungkin Anda akan berpikir sama dengan pertanyaan tersebut. Apakah bayi yang terlahir kuning bisa disusui oleh ibunya? Apakah tidak membahayakan bagi bayi dan ibunya sendiri?

Apakah Bayi Kuning Boleh Disusui Ibunya

Kondisi bayi kuning adalah salah satu perubahan yang umum terjadi pada bayi, dan biasanya bayi baru lahir hingga usia 3 bulan yang mengalaminya. Hal ini terjadi karena pigmen di dalam darah yang membuat bayi justru terlihat menguning. Pigmen ini dinamakan pigmen bilirubin. Bilirubin sendiri merupakan hasil dari perpecahan hemoglobin yang berada pada sel darah merah.

Menurut dokter, bayi yang terlahir menguning sebenarnya adalah hal yang biasa. Namun jika kuning tidak mereda hingga 5 hari, maka penanganan harus dilakukan. Lalu, apakah pemberian ASI ibu hamil tetap dilakukan? Jawabannya, Ya.

Bayi kuning adalah kondisi yang sangat umum terjadi dalam masa menyusui dan akan berlangsung baik dengan sendirinya sehingga tidak mengharuskan ibu untuk berhenti menyusui. Justru jika proses menyusui ini dihentikan, malah semakin memperburuk kondisi dan akan mengganggu pemenuhan kebutuhan nutrisi bayi. Pemberian ASI yang rutin pada bayi kuning akan membawa dampak baik dan membantu meredakan kondisi ikterik.

Ibu hamil diharuskan memberikan ASI sebanyak 8-12 kali sehari, bahkan frekuensi pemberiannya bisa lebih. Dengan cara berikut maka bayi kuning akan mudah sembuh dikarenakan kondisi bayu kuning yang terjadi akibat dari kadar bilirubin yang rendah. Dengan pemberian ASI lebih banyak, gerakan usus yang lebih besar dapat membantu pengeluaran zat bilirubin (penyebab kuning) pada bayi.

Baca juga : Sembuhkan Liver Dengan Meminum Air Rebusan Sukun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *