Apakah Penyakit Hepatitis A Mematikan?

Seringkali orang-orang beranggapan bahwa penyakit Hepatitis mematikan dan telah banyak korban berjatuhan akibat salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus ini. Hepatitis memang termasuk salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian, namun tidak semua dari jenis Hepatitis berbahaya, contohnya adalah Hepatitis A.

Apakah Penyakit Hepatitis A Mematikan.

Penyakit Hepatitis A tidak terlalu berbahaya, iasanya seseorang akan terinfeksi jika ada kontak dengan penderita hepatitis A lainnya. Menurut situs alodokter, Hepatitis A merupakan salah satu penyakit yang dapat menyerang organ hati dan disebabkan oleh infeksi virus. Jumlah pengidap penyakit ini di dunia diperkirakan mencapai 1,4 juta jiwa pada tiap tahunnya. Sementara di Asia Tenggara sendiri, kasus hepatitis A akut menyerang sekitar 400.000 orang per tahun dengan angka kematian hingga 800 jiwa. Sebagian besar penderita hepatitis A adalah anak-anak.

Gejala yang biasanya muncul dari Hepatitis A, adalah demam, mual, muntah, nyeri pada sendi dan otot, serta diare. Ketika organ hati sudah mulai terserang, ada beberapa gejala lain yang akan muncul, yaitu urine berwarna gelap, feses berwarna pucat, sakit kuning serta gatal-gatal. Selain itu, daerah perut bagian kanan atas juga akan terasa sakit terutama ketika ditekan.

Lalu Apakah Penyakit Hepatitis A Mematikan?

Pada umumnya hepatitis A tidaklah mematikan. Gejala yang sering dilihat adalah penderita akan tampak kuning, buang airnya seperti teh, sedikit lemas.

Nah, jadi untuk Anda tidak perlu terlalu cemas jika Anda atau kerabat sedang terserang penyakit Hepatitis A. Umumnya penyakit Hepatitis A akan sembuh hanya dengan penderita beristirahat dengan cukup. Namun perlu diperhatikan jika tanda-tanda dari gejala yang terjadi lebih parah, segera lakukan pemeriksaan ulang.

Baca juga : Mengatasi Mual Dan Muntah Tanda Sembuh Dari Hepatitis A

Apakah Penyakit Hepatitis A Mematikan? |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *