Apakah Penyakit Hepatitis Merupakan Penyakit Keturunan

Seringkali pertanyaan tentang penyakit Hepatitis, apakah Hepatitis termasuk penyakit keturunan atau bukan. Dan jawaban dari pertanyaan berikut, adalah bukan.

Apakah Penyakit Hepatitis Merupakan Penyakit Keturunan

Baik penyakit Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C dan lainnya, penyakit ini terjadi akibat serangan virus Hepatitis, dan sayangnya virus ini dengan mudah menginfeksi orang disekitar jika penderita Hepatitis tidak menjaga dirinya dengan baik untuk tidak menularkan virus tersebut.

Contohnya yang sangat rentan adalah penularan pada saat bayi atau anak-anak. Sebagian besar bayi dan anak yang tertular Hepatitis dari penderita sebelumnya tidak menunjukkan gejala seperti orang dewasa. Berjalannya perkembangan penyakit Hepatitis tersebut juga tergantung pada jenis Hepatitisnya. Hepatitis A dan Hepatitis E adalah jenis Hepatitis yang tidak pernah menjadi kronis, dan umumnya dapat sembuh total. Beda dengan Hepatitis lainnya.

Hepatitis B, penularan yang terjadi pada bayi memiliki persentase cukup besar, yaitu sebanyak 90% dan dapat menjadi kronis. Untuk hepatitis B, bila penularan terjadi pada saat bayi, maka 90% menjadi kronis. Sebaliknya, pada orang dewasa, hanya 5-10% yang jadi kronis dan sebagian besar sembuh dengan tanda menghilangnya HBsAg dan munculnya anti HBs dalam kurun waktu 6 bulan.

Sedangkan pada penularan Hepatitis C, 70-90% berpotensi menjadi kronis. Sebagian kecil yang kurang dari 1%, Hepatitis A atau B Akut dapat memburuk dan tak terkendali (Hepatitis Fulminant) hingga menyebabkan gagal hati. Dalam situasi ini hanya cangkok hati segera yang dapat menyelamatkan nyawa pasien.

Jadi sudah dapat dipastikan jika Hepatitis Bukan Penyakit Keturunan, melainkan penyakit yang mudah menular namun penyebarannya masih bisa dicegah. Caranya? Dengan memperhatikan sanitasi dan kebersihan diri, juga memperhatikan pemakaian alat pribadi seperti pisau cukur, sikat gigi dan lainnya.

Apakah Penyakit Hepatitis Merupakan Penyakit Keturunan |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *