Bahaya Kolestasis Pada Bayi

Obat Hepatitis A,- Kolestasis termasuk komplikasi dari penyakit Hepatitis A. Kolestasis adalah kondisi dimana penyebabnya disebabkan akibat perkembangan akut (pesat) dalam jangka waktu panjang (kronis) di ekskresi empedu yakni cairan pencernaan yang membantu lemak proses tubuh.

Kolestasis ini terjadi akibat obstruksi dalam hati ataupun di luar hati. obstruksi menyebabkan garam empedu, pigmen bilirubin empedu, dan lemak (lipid) yang menumpuk di aliran darah. Kolestasis intrahepatik ditandai dengan penyumbatan luas saluran kecil atau oleh gangguan, seperti hepatitis, yang mengganggu kemampuan tubuh untuk menghilangkan empedu. Sedangkan kolestasis ekstrahepatik dapat terjadi sebagai efek samping dari berbagai obat.

Bahaya Kolestasis Pada Bayi

Kolestasis Pada Bayi.

Pernyataan seorang dokter ahli tentang Kolestasis pada bayi, dimana saat tubuh bayi mulai menguning lebih dari 3 minggu lamanya kondisi ini bisa termasuk gejala awal dari Kolestasis atau penyumbatan di saluran empedu.

Biasanya gejalanya diikutidengan feses bayi yang berwarna pucat/putih. Jika kondisi ini terus berlanjut bisa menyebabkan kerusakan pada organ livernya.

Sayangnya penyebab Kolestasis pada bayi diketahui akibat kelainan bawaan dan infeksi kandungan, kelainan metabolik serta kista di saluran empedu. Tidak hanya itu, Kolestasis juga bisa dikarenakan infeksi akibat virus Torch (tokso plasma, rubella, cytomegalovirus, dan herpes). Virus tersebut tidak berpengaruh terhadap ibu bayi, tetapi langsung berdampak pada janinnya.

Kolestasis baru diketahui setelah bayi dilahirkan yang terlihat dengan bagian tubuh yang menguning secara permanen. Sayangnya, bayi yang terkena Kolestasis jarang dibawa oleh orang tuanya ke dokter. Biasanya baru dibawa ke dokter dalam stadium lanjut. Jika sudah sampai tahap stadium lanjut, dokter tidak mampu lagi menolong karena terhambat transplantasi. Kondisi ini terjadi biasanya karena ketidaktahuan orangtua baru serta jarangnya melakukan screening torch rutin.

Posted by Obat Hepatitis A.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *