Benarkah Hepatitis Bisa Menular Melalui Keringat?

Benarkah Hepatitis bisa menular melalui keringat? Pertanyaan ini ternyata cukup umum ditanyakan di forum-forum kesehatan.

Benarkah Hepatitis Bisa Menular Melalui Keringat?

Dilihat dari jenis penyakitnya Hepatitis memang termasuk penyakit menular, tapi menurut jenisnya, hanya beberapa jenis Hepatitis yang bias menular. Hepatitis sendiri adalah penyakit yang menyebabkan terjadinya peradangan pada sel hati. Kondisi tersebut terjadi akibat infeksi virus dan beberapa penyebab lain seperti efek dari konsumsi obat-obatan tertentu dan kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Penyakit Hepatitis juga beragam, tergantung dari virus penyebabnya seperti Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C, Hepatitis D, Hepatitis E dan Hepatitis G. Hepatitis yang paling sering ditemukan di masyarakat tidak lain adalah Hepatitis A, B dan C. Berikut sedikit ulasan mengenai Hepatitis.

1. Hepatitis A.

Penyakit Hepatitis A termasuk jenis yang mudah menular. Penularannya biasanya terjadi melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi dari tinja pengidap Hepatitis A.

Deteksi lebih awal Hepatitis A dilakukan melalui proses pemeriksaan tinja, dimulai dari 2 minggu semenjak terpapar virus pertama kali, juga pemeriksaan darah anti-HAV yang dilakukan setidaknya setelah terpapar virus.

2. Hepatitis B.

Penularannya terjadi lewat darah dan cairan tubuh lainnya seperti sperma dan cairan yang keluar dari vagina. Sebagian sumber menyebut jika virus Hepatitis juga dapat menular melalui kulit yang berkeringat namun hal ini tergantung pada tingkat virulensi dari virus masing-masing individu.

Deteksi Hepatitis B bisa dilakukan lewat pemeriksaan darah.

3. Hepatitis C.

Ditularkan melalui kontak dengan darah penderita. Deteksi dini dari Hepatitis C bisa dilakukan lewat pemeriksaan antiHCV dalam darah.

Semoga bermanfaat!

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *