Demam, Kehilangan Nafsu Makan Saat Hamil Tanda Hepatitis

Umumnya, terdapat beberapa gejala khas yang umum muncul pada ibu hamil yang menderita penyakit Hepatitis B akut. Gejalanya beragam, dan sebagian kecil adalah demam, kehilangan nafsu makan dan muncul kuning di kulit.

Demam, Kehilangan Nafsu Makan Saat Hamil Tanda Hepatitis
Jika telah muncul tanda-tanda tersebut, sangat dianjurkan untuk ibu hamil segera memeriksakan kondisinya pada dokter, dan dokter nanti akan memeriksakannya lebih lanjut.

Dalam penuturan dr Khanisyah Erza Gumilar, SpOG, yang merupakan dokter spesialis kebidanan dan kandungan divisi fetomaternal RSU Dr Soetomo Surabaya dan RS Pendidikan Universitas Airlangga, mengatakan bahwa pada kasus akut, hampir keseluruhan pasien Hepatitis B memang memiliki gejala lemah dan lesu.

Lanjut dr Khanisyah, “Gejala yang paling khas adalah demam, lalu juga hilang nafsu makan, mual dan muntah. Sebagian lainnya mengalami ‘kuning’ atau ikterus,” ujarnya.

Sementara itu dalam kasus Hepatitis dalam golongan kronis, jarang di dapat gejala yang terlihat atau dirasakan oleh pasien. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan pemeriksaan melalui laboratorium. Diperlukan skrining dan deteksi dini. Skrining adalah pemeriksaan yang dilakukan setiap hamil pada trimester pertama dengan pemeriksaan HBsAg. HBsAg sendiri merupakan singkatan dari Hepatitis-B surface Antigen. Dengan HBsAg, dapat terlihat ada atau tidaknya virus Hepatitis B dalam tubuh seseorang.

Baca juga : Bayi Kuning Tidak Selalu Menjadi Tanda Dari Penyakit Kuning

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *