Detoksifikasi Hati Dengan Makanan-makanan Berikut Ini

Detoksifikasi Hati Dengan Makanan-makanan Berikut Ini,- Secara alamiah, tubuh akan mengalami proses detoksifikasi setiap hari. Detoksifikasi sendiri adalah proses normal dari tubuh untuk membuang atau menetralkan racun melalui colon, liver (hati), ginjal, paru-paru, limpatik, dan kulit. Masalahnya adalah kita hidup di dunia yang penuh dengan toksin. Bayangkan saja, toksin menyebar begitu banyak seperti obat-obatan, logam berat, bahan kimiawi yang dipakai di rumah tangga, infeksi, pestisida, alkohol, polusi udara, rokok, polusi air, kafein, dll. Kita juga harus mengetahui bahwa makanan yang sering kita konsumsi salah satunya mengandung toksin, seperti sodium nitrit pada daging, asam boraks, pemanis buatan, perasa buatan, minyak jenuh, dan masih banyak lagi. Dan jangan lupa, kalau toksin juga berasal dari barang-barang yang biasa kita pakai sehari-hari, seperti peralatan make up, sabun, shampo, obat nyamuk, deterjen, dan lain-lain.

detoksifikasi organ hati
Jika toksin tersebut dibiarkan menumpuk didalam tubuh, maka lambat laun tubuh kita akan mengalami degenerative disease, sampai penyakit finalnya adalah kanker. Untuk menghindari hal tersebut, dapat dilakukan dengan program detoks. Program detoks inilah dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan penyebab sakit sebelum kita benar-benar jatuh sakit. Detoksifikasi dilakukan di organ-organ tubuh kita seperti colon, liver, ginjal, paru-paru, dan kulit akan menimbulkan beberapa efek seperti merasa pusing, mual, gejala flu, sembelit, mulas, diare, atau gatal-gatal. Namun untuk menghindari gejala yang terjadi,  proses detoksifikasi khususnya untuk organ hati tidak perlu sampai melalui pengobatan dan bantuan medis lainnya, ada beberapa cara dengan makanan yang dapat membantu proses detoksifikasi hati lebih aman, beberapa makanan yang dapat menjadi pilihan sebagai proses detoksifikasi yang alami, diantaranya:

1 . Bawang putih.
Bawang putih kaya akan senyawa allicin, sulfur dan selenium. Ambil sedikit saja dari dapur Anda, dan itu akan bekerja pada hati Anda. Tapi proses pemanasan atau memasak bisa menghancurkan kualitas nya. Jika Anda tidak dapat memakannya mentah-mentah, Anda mungkin perlu menemukannya di toko obat dalam bentuk kapsul.

2 . Wortel.
Tidak hanya itu sarat dengan vitamin A, wortel  juga merupakan sayuran yang sangat bermanfaat dan memungkinkan untuk mendetoksifikasi hati. Wortel kaya akan glutathione, yaitu sejenis protein yang membantu mendetoksifikasi hati. Hal ini juga mengandung flavonoid dan beta karoten. Anda bisa memakannya sebagai salad atau hanya makan mentah seperti kelinci. Cobalah untuk mencernanya mentah-mentah, karena akan memberikan manfaat yang maksimal.

3. Sayuran Hijau.
Kita semua mungkin telah membaca tentang sayuran yang menjadi  pelindung utama dari sistem tubuh kita. Sayuran hijau mengandung klorofil, yang bermanfaat untuk menyedot racun secara alami dari aliran darah. Hal ini juga membantu produksi dan mengalirkan empedu, sehingga mempertahankan aliran yang konstan dalam hati. Anda dapat memakan sayuran hijau mentah, direbus, dijus atau dimasak.

4. Tomat.
Buah sayur yang ini mengandung sekitar 170 mg glutathione per porsi, yang bekerja sangat baik untuk mendetoksifikasi liver Anda. Makan tomat segar akan lebih menguntungkan bagi kesehatan Anda.

5. Kenari.
Kacang ini  mengandung glutathione dan juga merupakan sumber omega – 3 ,  yang membantu untuk mendetoksifikasi hati serta memberi makan otak. Taburkan mereka di atas salad atau makan bersama sarapan Anda.

6. Asparagus.
Sayuran ini adalah diuretik alami. dan Anda dapat memakannya mentah. Selain itu, ekstrak asparagus sangat membantu menyingkirkan efek mabuk alk*hol, dan melindungi sel-sel hati dari racun alk*hol. Ini adalah makanan yang bagus untuk detoksifikasi hati .

7. Apel.
Seorang pakar berkata, “1 buah apel setiap sehari akan menjauhkan Anda dari dokter”. Buah ini memang luar biasa,  tidak hanya kaya nutrisi tetapi juga merupakan bahan yang bagus untuk membersihkan aliran darah dan saluran pencernaan.

8. Minyak zaitun.
Minyak ini baik untuk membersihkan racun dalam hati bila digunakan dalam jumlah yang tepat. Minyak zaitun diciptakan berbasis lipid yang dapat menyerap racun dari tubuh.

9. Semua biji-bijian.
Biji-bijian seperti beras, gandum, beras merah bermanfaat meningkatkan metabolisme lemak secara keseluruhan, serta meningkatkan fungsi hati.

10. Sayuran silangan.
Bunga kol dan brokoli mengandung jumlah yang besar glukosinolat, yang ketika masuk kedalam tubuh akan meningkatkan produksi enzim dalam hati. Kedua sayuran ini termasuk dalam daftar sayuran paling bergizi didunia

11. Lemon dan jeruk nipis.
Vitamin C berguna untuk membantu untuk menyerap racun. Perasan air jeruk nipis atau jus lemon membantu meningkatkan kerja hati jika dikonsumsi pada pagi hari.

12. Kunyit.
Kunyit membantu meningkatkan detoksifikasi hati dengan cara membantu meningkatkan enzim yang menghilangkan karsinogen dari tubuh. Cobalah meminum kunyit segar, caranya parut kunyit, tambahkan air matang, kemudian peras/saring dan boleh juga ditambahkan madu.

Dengan mencoba menggunakan bahan-bahan alami tersebut untuk membantu proses detoksifikasi, tidak ada salahnya. Dan lihat peningkatan substansial dalam pencernaan dan sirkulasi darah Anda. Tetap kunjungi dokter Anda untuk mendetoksifikasi hati setidaknya sekali dalam setahun, supaya liver Anda selalu sehat dan optimal melaksanakan fungsi multitaskingnya setiap hari.

Detoksifikasi Hati Dengan Makanan-makanan Berikut Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *