Dosis Berlebih Dari Parasetamol Sebabkan Gangguan Hati

Obat Hepatitis A Dan Penyakit Kuning,- Anda pasti mengetahui bahwa salah satu obat andalan untuk menurunkan suhu tubuh saat demam tinggi, serta pereda rasa sakit yang ampuh adalah Parasetamol. Tapi apakah Anda tau bahwa Parasetamol, adalah jenis obat yang dapat secara perlahan menyebabkan gangguan pada hari dan secara perlahan hati akan kehilangan fungsinya.

Dosis Berlebih Dari Parasetamol Sebabkan Gangguan Hati

Jadi apakah pasien Hepatitis atau gangguan hatilainnya haruskan menghindari penggunaan obat Parasetamol? Menurut Irsan Hasan dokter spesialis penyakit dalam dari Divisi Hepatologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM mengatakan tidak selalu, asal dikonsumsi dengan benar, sesuai dosis yang dianjurkan dan tidak dalam jumlah besar. Dosis yang dianjurkan adalah 3 kali satu hari untuk tablet 500 miligram. Sementara itu, dosis yang berbahaya adalah bila dikonsumsi 8 gram sekaligus atau sekitar delapan tablet.

Dalam keterangan lebih lanjut dari beliau, tubuh manusia dapat mengidentifikasi hampir semua obat sebagai subtansi asing sehingga biokimia dalam tubuh dapat bereaksi sesaat setelah obat yang dikonsumsi membuang substansi yang dililai membahayakan untuk tubuh. Meskipun fungsi ini hampir ada di seluruh jaringan dalam tubuh, namun yang paling berperan adakah retikulum endoplasma halus yang terdapat di organ hati. Karena hal inilah hati sering disebut sebagai ‘rumah pembersih metabolisme’.

Penting untuk diketahui bahwa Parasetamol adalah obat yang memiliki nama kimia Asetaminofen, senyawa tersebut bersifat toksik yang bisa menyebabkan gagal hati sewaktu-waktu.

Dosis Berlebih Dari Parasetamol Sebabkan Gangguan Hati |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *