Hati-hati Tindik Sembarangan Bisa Tertular Hepatitis

Berbicara tentang pergaulan anak sekarang, pasti tidak lepas dengan kebiasaandan hobi yang mereka banggakan, tapi terlihat aneh di mata orangtua dan membuat kebingungan. Salah satunya adalah tindik. Tindik biasanya mereka lakukan di beberapa bagian tubuh, seperti telinga, hidung, lidah dan masih banyak lagi.

Mungkin mereka mengikuti idola mereka, tapi tidak jarang mereka ikut memasangnya karena trend dll. Tapi yang perlu Anda tahu bahwa meskipun ini trend sekalipun, sebaiknya ambil sikap bijak sebelum melakukannya. Termasuk tindik, trend tindik yang dilakukan dan terkesan sembarangan beresiko menularkan penyakit Hepatitis, dimana Hepatitis masih menjadi salah satu penyakit mematikan di Indonesia.

Infeksi Hepatitis dapat saja terjadi dikarenakan jarum yang digunakan dalam proses melakukan tindik. Bisa saja kan jarum yang digunakan untuk menindik tersebut justru tidak steril dan malah memiliki bakteri berbahaya di dalamnya, termasuk bakteri Hepatitis.

Hati-hati Tindik Sembarangan Bisa Tertular Hepatitis
Berdasarkan penuturan dari dokter pendiri Wall Street Dermatology, Dr Julia Tzu yang merupakan dokter kulit bercerita bahwa studio tindik yang tersebar di pusat perbelanjaan belum tentu mereka juga menggunakan alat-alat yang steril. Dilihat dari sudut pandang medis, segala sesuatu benda yang masuk ke permukaan kulit dapat menimbulkan infeksi bila kondisi alat tidak steril.

Hal tersebut didukung dengan pernyataan Medical Center dari University Duke “Alat tembak untuk tindik tidak dapat disterilkan, karena alat yang tersebar di studio pada mall berasal dari plastik”, pungkasnya. Plastik yang telah disterilkan menggunakan alat pemanas yang khusus mensterilkan beda (autoklaf) akan berubah menjadi lelehan karena pada dasarnya autoklaf hanya dapat mensterilkan benda-benda seperti jarum dan perhiasan yang bukan berbahan dasar plastik.

Penggunaan alat tindik yang hanya dibersihkan dengan cairan antiseptik pun masih berisiko tinggi terhadap penyebaran penyakit infeksi dan Hepatitis. Menurut Association of Professional Piercers (APP), pada orang-orang yang melakukan penindikan di pusat perbelanjaan dapat mempengaruhi kesehatan. Bahkan, jika hal tersebut dilakukan para anak, bisa berisiko lebih fatal lagi akibat sistem kekebalan tubuh anak belum stabil sehingga risiko infeksi lebih besar. Jadi sebaiknya Anda mulai berhati-hati ya!

Baca juga : Apakah Bayi Kuning Boleh Disusui Ibunya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *