Hentikan Kebiasaan Buruk Ini Agar Tidak Tertular Hepatitis A

Hepatitis A memang bukan termasuk jenis dari Hepatitis yang mematikan, dan terkadang bisa sembuh dengan hanya beristirahat tolat tanpa melakukan pengobatan.

Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikannya. Walaupun termasuk dalam kategori Hepatitis ringan, penyakit Hepatitis A yang tidak kunjung mendapat penanganan baik melalui medis juga dapat membahayakan nyawa.

Salah satu penyebab dari seseorang terkena Hepatitis A ternyata cukup sepele, yaitu kebiasaan malas cuci tangan. Cuci tangan merupakan saran kesehatan paling sederhana namun efektif untuk menangkal serangan bakteri, kuman, serta virus penyebab penyakit. Namun sayangnya, walaupun cuci tangan adalah hal termudah yang dapat dilakukan oleh banyak orang, malasnya orang-orang yang cuci tangan tetap sulit dikalahkan jika tidak dengan kesadaran sendiri.

Hentikan Kebiasaan Buruk Ini Agar Tidak Tertular Hepatitis A

Lalu, apa yang terjadi jika kita malas untuk mencuci tangan? Hal ini bukan hanya dilakukan oleh anak-anak saja, tapi sebagai orangtua juga seharusnya kita lebih mempedulikan kesehatan. Seperti dilansir dari laman Boldsky, karena kebiasaan malas cuci tangan dapat berdampak pada kondisi-kondisi tertentu yang berkaitan dengan masalah kesehatan, diantaranya :

  • Hepatitis A.

Diatas tadi sudah dijelaskan jiak Hepatitis A termasuk penyakit yang bisa terjadi pada orang-orang yang memiliki kebiasaan malas cuci tangan. Hepatitis sendiri adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi virus yang sangat menular di hati. Gejalanya adalah tubuh mudah lelah, urin berwarna gelap, mual, demam, kehilangan nafsu makan, dan mata atau kulit berwarna kuning. Jarang mencuci tangan akan membuatmu berisiko tinggi untuk terkena Hepatitis.

  • Mudah terserang pilek.

Salah satu manfaat dari cuci tangan adalah untuk meminimalkan perpindahan bakteri dari benda-benda umum yang sering kamu pegang seperti kenop pintu, bel, atau mungkin dari berjabat tangan dengan orang lain yang sebelumnya terinfeksi penyakit. Jika Anda termasuk jarang cuci tangan, perpindahan virus atau bakteri ini akan memicu mudahnya untuk terkena pilek.

  • Diare.

Diare bisa terjadi akibat malasnya cuci tangan. Diare akan muncul dari perpindahan bakteri yang tak kasat mata.

Terinfeksi bakteri E.coli.

E.coli atau Escherichia Coli merupakan bakteri yang menyebar dari kotoran satu orang ke orang lain. Tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet umum akan membuatmu mudah terinfeksi bakteri ini.

  • Penyakit cairan tubuh.

Cairan yang dikeluarkan tubuh mengandung banyak kuman, terutama saat Anda terinfeksi suatu penyakit. Begitu pula dengan tubuh orang lain. Saat kemudian Anda jarang cuci tangan, maka akan muncul penyakit yang berkaitan dengan cairan tubuh seperti tipus atau penyakit virus Epstein-barr.

  • Impetigo.

Impetigo termasuk jenis infeksi menular yang biasa terjadi pada anak-anak yang jarang cuci tangan. Penyakit ini ditandai dengan kulit kemerahan yang kemudian berkembang menjadi lecet kecil.

  • Keracunan makanan.

Tangan yang terkontaminasi bakteri, kuman, dan virus akan membuatmu keracunan makanan dan kemudian berakhir dengan sakit perut akut, muntah, atau diare.

Itu dia artikel selengkapnya. Semoga bermanfaat, salam!

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *