Jangan Abaikan 10 Tanda Liver Bermasalah Berikut Ini

Jangan Abaikan 10 Tanda Liver Bermasalah Berikut Ini,- Hati atau Liver, merupakan salah satu organ dalam tubuh yang fungsnya sangat penting sama halnya organ dalam lainnya. Liver memiliki fungsi untuk membuang zat-zar racun sisa metabolisme tubuh yang nantinya akan dikeluarkan melalu sel-sel darah berlanjut ke ginjal, dan pembuangan akhir yaitu urin. Fungsi dari Liver emakin memberat saat seseorang tidak menjalani gaya hidup sehat dan kurang aktifitas seperti berolahraga.

Jika dilihat dari fungsi Liver itu sendiri, maka Liver juag rentan mengalami gangguan kesehatan. Diantaranya penyakit-penyakit yang biasa terjadi pada Liver, diantaranya adalah Hepatitis, Sirosis, bahkan Kanker. Masing-masing penyakit akan menampakkan gejala yang spesifik, namun tidak semua penderitanya memperhatikan dengan baik, bahkan cenderung mengabaikannya.

Jangan Abaikan 10 Tanda Liver Bermasalah Berikut Ini

Sebelum Liver semakin bertambah parah, Anda sebaiknya mengetahui dan jeli terhadap gejala-gejala yang biasanya muncul akibat Liver bermasalah. Berikut adalah 10 tanda dari Liver Anda bermasalah, yang tidak boleh diabaikan!

1. Perut sering sakit dan kram.

Tanda yang pertama bisa dilihat dari seringnya Anda mengalami perut kram dan sakit. Hal ini karena organ Liver sendiri yang tertelak pada bagian kanan dada diatas perut. Saat fungsinya terganggu, area tersebut akan lebih sering mengalami gangguan seperti sakit, dan juga kram.

2. Berkurangnya nafsu makan.

Karena fungsi dari Liver adalah menghasilkan empedu untuk memecah sari-sari makanan dan menimbulkan rasa lapar, maka kehilangan nafsu makan bisa jadi tanda dari adanya kerusakan pada organ hati Anda. Hal tersebut dikarenakan produksi dari empedu menjadi terbatas, mengakibatkan metabolisme melambat dan rasa kenyang yang tak biasa di perut.

3. Mengalami Sembelit.

Dikarenakan produksi empedu yang terhambat, masalah lain yang bisa timbul adalah Sembelit atau susah buang air besar. Sembelit biasa akan sembuh dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih juga makanan berserat, jika tidak sembuh juga, pemeriksaan harus segera dilakukan.

4. Sering mual dan muntah.

Karena fungsi Liver tadi untuk melawan racun, ketika Liver terganggu racun sisa metabolisme akan menumpuk di dalam tubuh terutama di saluran pencernaan. Untuk menetralisirnya, tubuh secara alami akan merangsang rasa mual hingga racun dimuntahkan. Jika Anda sering muntah tanpa alasan yang jelas, sebaiknya hubungi dokter untuk memeriksakan kesehatan Liver Anda.

5. Terjadi perubahan pada warna urin.

Pada penderita gangguan Liber, tanda yang terlihat cukup jelas adalah pada warna urin. Kadar Bilirubin yang dihasilkan ginjal tidak mampu disaring oleh Liver / hati, sehingga urin menjadi lebih gelap dari biasanya.

6. Terjadi perubahan pada warna feses.

Selain urin, warna feses juga berubah menjadi lebih kuning atau abu-abu.

7. Perut kembung.

Pada saat kondisi Liver semakin parah, perut dari penderita Liver akan terlihat kembung karena cairan Liver di dalam perut.

8. Tangan dan kaki membengkak.

Selain perut yang terlihat kembung (membengkak), bagian tubuh lainnya seperti tangan dan kaki juga ikut mengalami pembengkakan. Tangan dan kaki penderita Liver malah akan terasa lembek saat disentuh.

9. Mengalami kelelahan.

Ketika Liver tidak mampu lagi mengolah dan membuang racun di dalam tubuh seperti sedia kala, racun akan menyebar langsung kedalam aluran darah, jaringan otot dan organ lainnya. Zat Metabolisme akan melambat sehingga perasaan lelah di tubuh tidak kunjung hilang walaupun telah beristirahat.

10. Kulit menjadi lebih sensitif.

Mengalami peningkatan sensitifitas kulit adalah tanda dan gejala lainnya dari orang yang menderita gangguan Liver. Selain itu, kulit akan memerah dan terasa gatal. Urat-urat di dalam tubuh juga terlihat keluar seperti menonjol.

Baca juga : Obat Hepatitis Untuk Bayi Usia 2 Bulan Dan Seterusnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *