Jenis Penyakit Hepatitis Yang Paling Berbahaya

Penyakit Hepatitis memang memiliki beberapa jenis tergantung penyebabnya. Diantaranya Hepatitis A oleh virus Hepatitis A, Hepatitis B oleh virus Hepatitis B, Hepatitis C oleh virus Hepatitis C dan seterusnya hingga Hepatitis E.

Penyakit Hepatitis membuat organ hati mengalami peradangan yang terbagi menjadi 2 kondisi yaitu Hepatitis Akut dan Hepatitis Kronis.

Jenis Penyakit Hepatitis Yang Paling Berbahaya

Hepatitis yang terjadi kurang dari 6 bulan dikategorikan sebagai jenis Hepatitis akut, sedangkan Hepatitis yang terjadi lebih dari 6 bulan, dikategorikan sebagai jenis Hepatitis Kronis.

Adapun beberapa jenis Hepatitis dibawah ini djelaskan dengan pengertian selengkapnya.

Hepatitis A.

Penderita hepatitis A penularannya terjadi apabila seseorang memakan sesuatu yang terkontaminasi oleh tinja pasien hepatitis A (karena virus hepatitis A terdapat di dalam tinja penderita). Hepatitis A termasuk ke dalam hepatitis akut, karena sebagian besar penderita hepatitis A akan sembuh total dan tidak berkembang menjadi hepatitis kronik.

Hepatitis B.

Penderita hepatitis B penularannya melalui darah dan cairan tubuh yang terinfeksi. Hal ini dapat terjadi karena beberapa kondisi, seperti penggunaan jarum suntik yang tidak steril, hubungan seksual yang tidak aman, memakai pisau cukur bersama dan sebagainya.

Hepatitis C.

Virus hepatitis C menyebar melalui kontak darah-ke-darah dari darah orang yang terinfeksi. Hepatitis C dapat berkembang menjadi hepatitis kronis yang berisiko terkena sirosis, dan jika tidak segera ditangani akan berakibat kanker hati.

Hepatitis D.

Seseorang akan terinfeksi hepatitis D hanya jika sebelumnya sudah pernah terinfeksi hepatitis B.
Hepatitis E. Seseorang akan terinfeksi hepatitis E jika minum air yang terkontaminasi virus hepatitis E.

Dari atas ditarik kesimpulang jika Jenis Penyakit Hepatitis Yang Paling Berbahaya adalah Hepatitis B dan Hepatitis C. Karena keduanya dapat berkembang menjadi sirosis hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *