Jenis Penyakit Yang Meradang Saat Musim Hujan

Selamat datang di website obathepatitisa.com. Di musim penghujan, kita mengenal sejumlah penyakit yang rentan dialami terutama oleh anak-anak karena sistem kekebalan tubuh mereka masih lemah, dan beberapa orang dewasa serupa.

Jenis Penyakit Yang Meradang Saat Musim Hujan

Biasanya, Jenis Penyakit Yang Meradang Saat Musim Hujan adalah penyakit influenza yang mencakup batuk dan pilek. Karena tingkat kelembapan yang rendah saat musim hujan, membuat daya tahan virus menjadi lebih kuat untuk berkembang. Maka dari itu, penularannya pun cukup mudah, hanya melalui udara yang didukung dengan daya tahan tubuh lemah, maka orang-orang tersebut akan mudah terkena influenza.

Nah selain influenza, masih ada beberapa jenis penyakit meradang yang terjadi saat musim hujan. Apa saja?

Pada musim hujan, bisa memicu seseorang terkena Hepatitis A. Mengapa? Sebab lingkungan yang kotor adalah salah satu penyebab utama dari Hepatitis A. Hampir sama seperti Diare, Hepatitis A disebabkan oleh virus yang mengkontaminasi makanan. Dimulai dari penularan Hepatitis A melalui oral, memiliki masa inkubasi antara 15 sampai 50 hari.

  • Diare.

Diare sudah diketahui secara umum adalah penyakit yang sering terjadi pada musim hujan karena penurunan kualitas kebersihan. Kondisi ini mengakibatkan perkembangan virus, bakteri ataupun parasit semakin meningkat. Diare menyebabkan feses mencair namun frekuensi buang air besar justru meningkat. Diare sebaiknya segera diatasi karena jika tidak bisa menyebabkan dehidrasi. Untuk mengatasinya cukup dengan minum oralit, atau minuman lain yang mengandung elektrolit.

  • Tipes.

Tipes terjadi akibat infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri bernama Salmonella thyphi. Bakteri Salmonella thyphi ini bisa ditemukan pada makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Seseorang yang terkena Tipes akan mengalami gejala seperti sakit kepala, tidak nafsu makan, kelelahan, demam tinggi, sembelit dan sakit di bagian perut.

  • Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

ISPA berkaitan dengan infeksi saluran pernapasan yang mengintai saat musim hujan tiba. ISPA menyebabkan penderitanya mengalami gangguan saluran pernapasan diantaranya bersin-bersin, batuk dan juga demam.

  • Demam berdarah.

Demam berdarah juga biasanya menjadi lebih ‘meradang’ saat musim hujan, sebab banyak genangan air menjadi tempat yang disukai oleh nyamuk Aedes aegypti. WHO menyebut jika penyakit Demam berdarah ini lebih sering terjadi di negara dengan iklim tropis dan subtropis seperti Indonesia.

Itu dia selengkapnya mengenai beberapa Jenis Penyakit Yang Meradang Saat Musim Hujan. Semoga bisa menjadikan Anda lebih waspada saat musim hujan terjadi, dan tetap menjalankan gaya hidup sehat agar tidak mudah terkena penyakit di berbagai musim.

Semoga bermanfaat, salam 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *