Ketahui 8 Tanda Dan Gejala Kanker Hati Mematikan

Anda pasti sudah mengenal penyakit kanker sebelumnya. Ya, kanker, merupakan salah satu penyakit berbahaya karena dinilai mematikan dan telah membuat hampir semua penderita meregang nyawa.

Ketahui 8 Tanda Dan Gejala Kanker Hati Mematikan

Jika kita mengetahui tanda dan gejala kanker hati sejak dini, maka tentu penanganan yang dilakukan nantinya akan berbuah baik. Kanker hati termasuk jenis kanker yang mematikan. Lalu, apakah Anda mengetahui bagaimana ciri-ciri dari kanker hati yang bisa dikenali? Jika tidak, mari simak artikel selengkapnya, berikut ini.

1. Tidak berselera untuk makan.

Gejala dan tanda yang dapat dikenali dari adanya kanker hati pada penderitanya adalah kehilangan selera makan. Konsumsi makanan yang semakin sedikit, membuat berat badan yang menurun drastis. Selain itu, tubuhnya akan cepat lemah dan letih karena daya tahan tubuh juga menjadi menurun. Orang yang diketahui mengidap kanker hati juga akan mengalami demam pada pagi hari merasakan menggigil yang hebat di malam hari.

2. Perubahan warna pada bagian putih bola mata dan kulit menjadi kuning.

Perubahan warna ini disebabkan oleh organ hati yang sudah tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Darah di dalam tubuh menjadi kotor hingga menyebabkan kulit tubuh menjadi kuning. Bahkan, bagian mata yang seharusnya berwarna putih bersih, berubah menjadi menguning. Jika mengalami gejala seperti ini bukan tidak mungkin telah mengalami gejala penyakit kanker hati.

Baca juga : Terjadi Gangguan Pada Liver Beresiko Terkena Penyakit Kuning

3. Kaki dan tangan yang membengkak.

Jika penyakit ini sudah menjalar ke sel-sel organ yang lain, hal ini kemudian bisa menyebabkan pembengkakan atau peradangan pada bagian tangan dan kaki. Pembengkakan ini akan semakin parah jika tidak segera ditanggulangi secara klinis, karena dikhawatirkan mengarah pada gejala kanker hati.

4. Adanya benjolan pada bagian kanan sebelah atas perut.

Adanya sebuah benjolan terjadi karena bertumbuhnya dan berkembangnya sel-sel kanker yang jika tidak segera ditangani dapat mengakibatkan tumor ganas yang dikenal  sebagai penyakit kanker hati. Seseorang yang memiliki benjolan di bagian tersebut sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit untuk didiagnosis. Namun demikian, bisa juga benjolan tersebut hanya karena peradangan biasa yang terasa nyeri saat disentuh atau dipijit.

5. Urin berubah warna menjadi kecoklatan sedangkan feses berwarna kehitaman.

Gajala dan tanda lainnya adalah pada warna urin yang berubah seperti warna air teh. Hal ini terjadi dikarenakan racun yang berada didalam tubuh tidak dapat dikeluarkan secara alami seperti biasanya. Selain itu, warna kotoran atau feses menjadi kehitaman saat seseorang buang air besar. Ciri-ciri ini dapat dijadikan pertanda orang tersebut menderita penyakit kanker hati.

6. Perut membesar.

Perut mengalami pembesaran / buncit adalah tanda lainnya yang dimiliki oleh seorang penderita kanker hati. Perut yang buncit tersebut bukan dikarenakan oleh kebanyakan mengkonsumsi makanan atau minuman. Namun, disebabkan oleh benjolan yang terdapat pada bagian perut di sebelah kanan atas. Meskipun berat badannya turun drastis, tetapi kondisi perutnya yang membuncit karena ada tumor ganas di bagian perutnya, khususnya di organ hati.

7. Muntah darah.

Batuk disertai muntah darah adalah gejala dan tanda yang kemungkinan besar pasti dialami oleh penderita penyakit kanker hati. Darah tersebut dihasilkan dari organ hati yang sudah terkontaminasi oleh sel-sel kanker, sehingga fungsi hati menurun, dan bahkan sudah tidak berfungsi.

Jika ditemukan beberapa gejala diatas, segera lakukan pemeriksaan karena bisa saja gejala tersebut merujuk pada gejala dan tanda dari penyakit kanker hati yang mematikan.

Semoga bermanfaat, salam!

Ketahui 8 Tanda Dan Gejala Kanker Hati Mematikan |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *