Makanan Yang Dilarang Dikonsumsi Saat Sakit Hepatitis A

Saat Anda terserang penyakit kuning, itu pertanda jika organ hati (liver) Anda sedang bermasalah dan tidak dapat berfungsi normal sehingga perlu ‘mengistirahatkannya’.

Hati / liver, adalah organ dalam tubuh yang turut berperan dalam sistem pencernaan, dan snagat penting untuk kita mengkonsumsi makanan / minuman sehat yang tidak membebani kinerja hati. Beberapa makanan diketahui berdampak pada kinerja tinggi hati yang akhirnya menyebabkan tekanan. Hal ini bisa memperpanjang pemulihan Anda dari sakit kuning. Maka dari itu, dokter menyarankan Anda saat menderita sakit kuning untuk tidak mengkonsumsi beberapa makanan yang memperberat kinerja organ hati.

 

Berikut ini adalah contoh dari beberapa makanan yang dilarang dikonsumsi saat sakit Hepatitis A (sakit kuning), antara lain :

Makanan Yang Dilarang Dikonsumsi Saat Sakit Hepatitis A

  • Junk food.

Segala jenis makanan yang terbuat dari tepung halus seperti kue, kue kering, roti dan biskuit dilarang sementara waktu untuk dikonsumsi saat menderita Hepatitis A dan sakit kuning. Kandungan lemak yang tinggi dalam makanan ini dapat memiliki efek buruk pada kesehatan liver.

  • Makanan kalengan atau makanan yang diawetkan.

Menurut ahli kesehatan, makanan kalengan dan makanan yang diawetkan harus dihindari selama Anda menderita penyakit kuning. Jenis-jenis makanan tersebut memiliki kandungan bahan pengawet dan garam dalam jumlah yang tinggi, di mana keduanya bisa buruk untuk hati.

  • Makanan pedas dan panas.

Walaupun cukup sulit menahan godaan untuk mengunyah makanan pedas, akan sangat bijaksana menghindarinya saat Anda menderita sakit kuning. Makanan berminyak dan pedas sulit dicerna sistem pencernaan, sehingga bisa membebani liver.

  • Makanan non-vegetarian.

Salah satu fungsi utama liver adalah memetabolisme protein dan diet kaya protein, sehingga organ ini perlu bekerja lebih keras. Ahli kesehatan merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan vegetarian agar mudah dicerna dan tidak membebani liver (hati).

  • Alkohol.

Semua orang tahu bahwa alkohol adalah musuh organ hati. Organ ini harus mendetoksifikasi sistem alkohol. Ketidakseimbangan kimia karena alkohol bisa melukai hati selama menderita penyakit kuning.

Posted by Obat Hepatitis A Dan Penyakit Kuning

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *