Mengapa Hati Yang Rusak Menyebabkan Tubuh Menguning

Jika hati mengalami gangguan / masalah kesehatan, dampak yang terjadi biasanya terlihat pada perubahan warna kulit. Kulit tubuh dengan kondisi hati yang rusak, akan menjadi kuning atau Jaundice.

Mengapa Hati Yang Rusak Menyebabkan Tubuh Menguning

Namun tidak hanya kulit pada tubuh saja yang menguning, mata pasien juga bisa menguning. Apa penyebab dari menguningnya kulit dan mata pada penderita hati yang rusak?

Cheah Yee Lee,  yang seorang dokter spesialis bedah dari Gleneagles Hospital Singapore mengatakan bahwa Jaudince terjadi karena pigmen warna kuning atau bilirubin pada pasien penderita kerusakan hati mengalami peningkatan.

Bilirubin terbentuk ketika sel darah merah yang didaur ulang lalu dibawa hati dan masuk ke tubuh melalui saluran cerna yang kemudian akan terbuang lewat tinja.

Pada penderita kerusakan hati, Bilirubin tidak dapat berpindah melalui hati sehingga menumpuk di darah dan tersimpan di kulit dan mata, yang mengakibatkan warna kuning pada mata dan kulitnya.

Selain mengakibatkan mata dan kulit menguning, pasien kerusakan hati biasanya menghasilkan urin berwarna gelap dan tinja berwarna coklat. Hal ini dikarenakan Bilirubin tidak bisa sampai ke tinja, jadi makin banyak Bilirubin yang terbuang melalui urin.

Gejala-gejala dari Jaundice bisa jadi sinyal adanya kerusakan pada hati. Namun, dokter menganjurkan agar seseorang rutin melakukan deteksi dini penyakit hepatitis sekali dalam setahun melalui metode tes darah, diagnostik pencitraan seperti ultrasound, CT Scan, MRI atau biopsi hati.

Baca juga : Kebiasaan Mengkonsumsi Minuman Berenergi Waspadai Hepatitis Akut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *