Penyakit Hepatitis Mengancam Anak-anak dan Orang Dewasa

Penyakit Hepatitis merupakan satu dari sekian banyak penyakit yang menjadi perhatian dunia. Terbagi kedalam beberapa jenis, Hepatitis bertanggung jawab atas kematian 1,4 dari total penduduk dunia setiap tahunnya.

Penyakit Hepatitis Mengancam Anak-anak dan Orang Dewasa
Bahkan menurut Dr dr Rino A. Gani, SpPD-KGEH, Finasim, Ketua Perkumpulan Peneliti Hati Indonesia (PPHI) menyatakan jika penyakit Hepatitis termasuk masalah serius di Indonesia. Dan Hepatitis termasuk penyakit yang bisa menyerang siapa saja, tidak peduli usia muda atau tua.

Hepatitis, adalah nama yang berasal dari bahasa Yunani. Hepa yang artinya hati (liver) dan titis adalah radang. Jadi Hepatitis merupakan istilah yang digunakan atas peradangan yang terjadi pada hati.

Ada sejutar 80-90% penderita Hepatitis dewasa sembuh dengan sendirinya bahkan tanpa perawatan. Akan tetapi Hepatitis pada anak, sebagian besar menyebabkan kematian. Bagi masyarakat awam Hepatitis dikenal sebagai penyakit kuning. Hal ini terjadi karena gejala Hepatitis atau peradangan hati ini menyebabkan tubuh penderitanya mengalami kuning.

Hepatitis juga terbagi kedalam 5 jenis secara umum, dibagi berdasarkan virus penyebabnya. Kelima jenis virus tersebut diantaranya Hepatitis A, B, C, D dan E. Namun kelima jenis virus Hepatitis tersebut tidak memiliki keterkaitan sama sekali serta cara penularannya pun berbeda-beda. Misalnya pada Hepatitis A, ditularkan melalui makanan atau minuman tidak sengaja terkontaminasi oleh kotoran. Semantara pada Hepatitis C, penularannya diakibatkan oleh penggunaan jarum suntuk secara bersamaan, juga pada pengguna tato.

Yang perlu Anda ingat bahwa Hepatitis A, B, C, D dan E itu berarti virus penyebabnya juga berbeda, jadi langkah penanganan medis pun sedikit berbeda. Di Indonesia sendiri jenis Hepatitis yang ditemukan pada pasien umumnya adalah Hepatitis A, B dan C saja.

Baca juga : Gejala Penyakit Liver Yang Cukup Serius

Berdasarkan data yang diambil dari WHO menyebutkan kurang lebih dari 400 juta penduduk di dunia diketahui menderita Hepatitis. 1,4 juta lainnya meninggal setiap tahun. Di Indonesia, pasien penderita Hepatitis bisa dihitung pada 1,2 per 100.000 penduduk atau setara dengan 2,9 juta pasien yang menderita Hepatitis.

Penyakit Hepatitis Mengancam Anak-anak dan Orang Dewasa |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *