Penyakit Kuning Karena Menderita Malaria

Penyakit kuning yang kita tahu selama ini berkaitan dengan gangguan di Hati, dan Hepatitis. Namun nyatanya, penyakit kuning juga terjadi pada pasien penderita Malaria.

Penyakit Kuning Karena Menderita Malaria

Malaria, adalah penyakit yang tidak jauh berbeda dengan DBD dan Cikungunya. Ketiganya termasuk jenis penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, namun bedanya DBD ditularkan oleh nyamuk Dengue, sedangkan Malaria terjadi karena penularan dari nyamuk Anipheles.

Malaria terbagi kedalam 2 jenis, yakni Maaria Vivax dan Malaria Facifarum. Pada Malaria Vivax, adalah jenis Malaria yang paling banyak terjadi kasusnya di masyarakat namun jarang mengakibatkan komplikasi menjadi berat karena dapat sembuh dengan sendirinya.

Sementara pada Malaria Falcifarum, adalah jenis Malaria berat yang dapat menyebabkan komplikasi berat seperti gagal ginjal hingga pendarahan otak, dan yang terburuk adalah kematian.

Malaria dimulai dengan gejala umum seperti sakit kepala, merasa panas dingin dan menggigil disertai gemetar yang berlangsung antara 15 menit bahkan bisa hingga 1 jam. Penderita juga biasanya mengalami demam tinggi, lesu, kulit yang kemerahan hingga kekuningan (penyakit kuning) dan mengigau. Jika penderita diberikan obat penurun panas, biasanya suhu badannya akan langsung turun dan berkeringat.

Baca juga :

Posted by Obat Hepatitis A Dan Penyakit Kuning

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *