Perut Membesar Dan Mata Kuning Tanda Gangguan Pankreas

Pankreas merupakan salah satu organ yang mungkin tidak banyak orang memperhatikan, namun fungsinya cukup penting bagi tubuh yaitu untuk membantu mencerna makanan dan mengendalikan gula darah. Pankreas memiliki panjang 6 inci yang terselip di balik perut. Jika fungsi dari Pankreas terganggu, ini akan mempengaruhi seluruh tubuh Anda. Kurang dari 2% orang didiagnosis menderita Kanker Pankreas yang paling sering menyerang orang-orang berusia di atas 60 tahun.

Perut Membesar Dan Mata Kuning Tanda Gangguan Pankreas

Salah satu gangguan Pankreas yang cukup berbahaya tidak lain adalah Kanker Pankreas. Untuk mendeteksi dari kanker Pankreas sangat sulit di tahap awal karena terletak di bagian terdalam tubuh. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui gejala kanker Pankreas. Dan berikut ini adalah gejala paling umum dari kanker Pankreas yang perlu Anda ketahui.

1. Mata dan kulit yang berwarna kuning.

Pada bagian putih mata dan kulit yang menguning sudah pasti bukan pertanda baik. Hal ini dapat menjadi pertanda sejumlah masalah medis seperti gagal hati dan kanker Pankreas. Banyak dari kasus tumor Pankreas yang dimulai di kepala Pankreas, yang berada di dekat saluran empedu. Salah satu fungi dari empedu tidak lain adalah membuang bilirubin, dan jika tidak terbuang memicu kelebihan bilirubin yang menyebabkan mata kuning.

2. Perut membesar (buncit).

Kembung setelah makan sebenarnya normal-normal saja, tapi jika kembung terjadi selama berhari-hari ini pertanda tidak normal. Tumor Pankreas yang tumbuh lebih besar dapat menyebabkan perut membesar.

3. Kehilangan nafsu makan.

Saat tumor tumbuh perut, kondisi ini bisa memberi tekanan pada organ sekitarnya termasuk perut. Anda akan merasa mual atau kenyang meski sudah beberapa jam belum makan.

4. Sakit punggung bawah.

Tumor Pankreas yang tumbuh tidak hanya menekan organ internal tapi juga otot punggung bawah dan belakang yang nantinya bisa menyebabkan rasa sakit konstan.

5. Urin menjadi keruh.

Urin yang berwarna gelap tidak hanya merupakan pertanda dehidrasi tapi juga tanda awal penyakit kuning. Tumor menyebabkan lebih sedikit empedu untuk diekskresikan dan kadar Bilirubin dalam darah meningkat, urin pun menjadi berwarna cokelat. Jika asupan air tidak mengembalikan warna normal urin Anda, segera periksa ke dokter.

6. Sering gatal.

Kulit yang gatal termasuk tanda peringatan dini penyakit kuning dan kanker Pankreas. Saat bilirubin terbentuk di kulit Anda, dapat menyebabkannya gatal bahkan sebelum mereka menjadi kuning.

7. Perut sakit tanpa alasan.

Karena lokasi pPankreas yang berada di belakang perut bagian bawah, tumor di sana dapat memberi Anda sakit perut yang bukan berasal dari makanan. Hati-hati dengan sakit perut yang tidak spesifik atau tidak beralasan.

Posted by Obat Hepatitis A.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *