Ramuan Herbal Untuk Pengobatan Sakit Kuning / Liver

Sakit kuning atau disebut juga sebagai liver, merupakan penyakit yang terjadi karena adanya gangguan pada hati.

Warna kuning yang memperjelas sakit kuning di kulit dan bagian putih mata ini sebenarnya disebabkan karena adanya gejala sekumpulan penyakit yang mempengaruhi jaringan, serta fungsi hati, kandung empedu sehingga cairan empedu tidak bisa masuk ke dalam usus, melainkan langsung ke dalam darah serta keluar bersama dengan air kencing.

Jadi, penyebab dari kuning yang terdapat pada kulit tubuh, air kencing, bahkan di area warna putih pada bagian mata juga berwarna kuning adalah cairan empedu dan darah. Sebaliknya, warna feses pada saat BAB justru berwarna lebih terang atau bahkan seringkali hampir berwarna putih ke abu abuan. Hal ini dikarenakan sedikit sekali cairan empedu yang keluar bersama dengan kotoran saat BAB tersebut.

Ada beberapa penyebab terjadinya penyakit liver (kuning), yaitu kelainan fungsi hati sejak lahir, radang hati yang disebabkan oleh virus, pengaruh alkohol, menderita keracunan, karena adanya batu dalam kandung empedu serta efek samping dari obat-obatan kimia tertentu sehingga membawa efek racun pada hati.

Pada awalnya penderita sakit kuning akan merasakan mual pada perutnya, nafsu makan yang perlahan berkurang, kepala pusing serta badan mudah sekali merasa lelah. Kemudian setelah satu minggu, kulit mulai menguning, air kencing berubah berwarna kuning tua (kecoklatan) seperti warna teh, warna putih pada mata juga lambat laun akan tampak berwarna kuning. Jika dalam kondisi parah, penderita penyakit kuning bisa mengalami muntah-muntah terus menerus, hingga muntah darah.

Oleh karena itulah, sebaiknya penderita penyakit liver (kuning) disarankan untuk memperbanyak beristirahat. Muntahan serta kotoran dari penderita penyakit kuning juga harus dibersihkan dengan sebersih-bersihnya agar tidak menular ke orang disekitarnya. Penderita penyakit kuning juga dianjurkan harus banyak makan buah-buahan manis seperti sawo, pisang, pepaya dan jambu. Namun jangan memakan buah alpukat dan durian.

Ramuan Herbal Untuk Pengobatan Sakit Kuning / Liver

Ramuan Herbal Untuk Pengobatan Sakit Kuning / Liver.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi untuk membuat ramuan herbal, sebagai pengobatan sakit kuning atau liver.

1. Bahan-bahannya adalah sediakan mengkudu matang 2 buah, gula batu 1 potong dan madu secukupnya.

Cara membuatnya : Buah mengkudu terlebih dahulu diperas untuk diambil airnya. Setelah itu, semua bahan dicampur menjadi satu lalu diaduk sampai merata, lalu kemudian disaring. Dapat langsung dikonsumsi. Ulangi dalam 2 hari sekali.

2. Siapkan bangle sebanyak setengah jari, madu cukup 1 sendok makan serta air matang juga 1 sendok makan.

Cara membuatnya : Bangle terlebih dahulu dicuci hingga bersih. Setelah itu, Bangle diparut. Parutan Bangle lalu dicampur air dan madu. Diaduk lalu diperas, kemudian disaring. Air tersebut dikonsumsi sehari 2 kali.

3. Sediakan 3 lembar daun ngokilo masih segar.

Cara membuatnya : Daun ngokilo dicuci hingga bersih. Kemudian daun ngokilo dikonsumsi setiap hari sebagai lalapan saja.

4. Siapkan air kelapa hijau1 gelas, madu 1 sendok makan serta gagang daun kelor sebanyak 3-7.

Cara membuatnya : Cuci sampai bersih gagang daun kelornya. Lalu gagang daun kelor tersebut ditumbuk sampai halus. Setelah itu, campurkan dengan air kelapa satu gelas, kemudian saring dan masukkan madu 1 sendok makan kedalamnya. Diaduk hinnga merata. Dikonsumsi sehari 1 kali saja.

5. Sediakan daun pare sebanyak 15-30 gram.

Cara membuatnya : Daun pare terlebih dahulu dicuci hingga bersih. Lalu kemudian daun pare dapat direbus atau dibuat jus dan airnya dapat langsung diminum.

6. Siapkan temulawak yang masih segar secukupnya.

Cara membuatnya : Temulawak dicuci bersih, lalu kemudian diparut. Setelah diparut kemudian diperas untuk diambil airnya. Air perasan tersebut dikonsumsi sehari dua kali saja. Setiap sekali minum sebanyak satu sendok makan. Bisa juga ditambahkan sedikit gula batu agar ada rasa manis alami.

7. Sediakan daun meniran 1 sendok teh, temulawak yang sudah kering sebanyak kurang lebih 15 iris, gula jawa atau gula batu sedikit saja serta 1 gelas air mendidih.

Cara membuatnya : Daun meniran dan temulawak diseduh bersamaan kedalam  air mendidih. lalu tambahkan sedikit gula jawa atau gula batu. Aduk sampai merata. Dikonsumsi sehari 2 kali sebanyak 1 gelas.

8. Siapkan daun keji beling masih segar sebanyak 3  lembar.

Cara membuatnya : Daun keji beling dicuci dulu sampai bersih. Daun keji beling dikonsumsi langsung setiap hari sebagai lalapan. Lakukan secara teratur.

9. Sediakan air kelapa hijau muda segar dan madu secukupnya.

Cara membuatnya : Air kelapa hijau dicampur madu lalu diminum. Sehari 1 buah kelapa. Dagingnya juga boleh dimakan, tetapi dilarang makan kelapa yang sudah tua.

Semoga bermanfaat, salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *