Tanda Dan Gejala Penyakit Hepatitis Secara Umum

Secara umum sebutan untuk penyakit Hepatitis adalah penyakit yang menyerang organ Hati. Walaupun sama-sama menyerang organ Hati, tetapi sama seperti namanya, Hepatitis A, Hepatitis B, maupun Hepatitis C, memiliki perbedaan pada jenis, penularan serta pengobatan yang berbeda.

Tanda Dan Gejala Penyakit Hepatitis Secara Umum

Penyakit Hepatitis beragam pada tingkat keparahannya, ada yang ringan biasanya Hepatitis A, dan terberat yaitu Hepatitis C. Di Indonesia ketiga jenis Hepatitis A, B maupun C yang disebabkan virus.

Adapun penyebab Hepatitis yang paling sering disebabkan oleh virus dengan cara penularannya adalah sebagai berikut.

— Hepatitis A.

Virus (HAV) menyebar melalui tinja orang yang sebelumnya telah terinfeksi dan yang paling sering ditularkan adalah melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi. Perilaku seksual tertentu juga dapat menyebabkan penularan.

— Hepatitis B.

Virus (HBV) ditularkan dengan melalui kontak antara darah orang yang terinfeksi, air mani, dan cairan tubuh lainnya. Virus HBV juga dapat ditularkan melalui ibu yang terinfeksi kepada bayi pada saat lahir. Penularan juga dapat terjadi melalui transfusi darah dan produk darah yang terkontaminasi, suntikan yang terkontaminasi selama prosedur medis, dan melalui penggunaan suntikan narkoba berganti-gantian.

— Hepatitis C.

Virus (HCV) sebagian besar ditularkan melalui paparan darah dan seperti pada penularan Hepatitis B.

Gejala Hepatitis yang paling umum dan dapat dikenali antara lain :

  • Demam.
  • Mual hingga muntah.
  • Rasa tidak nyaman pada perut.
  • Urin berwarna gelap atau kuning kecoklatan seperti teh pekat.
  • Kelelahan.
  • Nyeri sendi.
  • Pembengkakan.
  • Mudah memar.
  • Kulit dan mata kuning atau sakit kuning.

Diagnosis atau pemeriksaan untuk mengetahui penyakit Hepatitis ini dilakukan dengan melakukan tes darah, dan biopsi hati. Biopsi hari yaitu memotong sebagian kecil dari jaringan hati untuk diambil dan dilakukan pemeriksaaan di laboratorium.

Perlu diingat jika walaupun Hepatitis adalah penyakit yang sama-sama menyerang organ hati, namun karena penyebabnya berbeda, penanganannya juga memiliki perbedaan.

Baca lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *