Tips Terhindar Dari Penyakit Hepatitis Menurut Dokter

Hepatitis dikenal sebagai penyakit peradangan hati. Pada umumnya, penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti gangguan autoimun, perlemakan, alkohol, sampai infeksi virus dan bakteri.

Tips Terhindar Dari Penyakit Hepatitis Menurut Dokter

Untuk jenis Hepatitis yang disebabkan oleh virus, dibagi menjadi Hepatitis A, B, C, D dan E. Hepatitis jenis B, menjadi jenis Hepatitis yang paling sering menular. Jenis ini pun dengan sangat mudah menular dari seorang pengidap ke orang lain.

Menurut dr. Olivia Ekaputri dari Medical Executive PT Kalbe Farma Tbk seperti dilansir laman lifestyle, Sindonews mengatakan jika sebenarnya ada beberapa cara untuk terhindar dari penyakit Hepatitis. Dalam hal ini penggunaan alat menipedicure yang tidak steril pun akan memiliki risiko penularan Hepatitis. Beliau menuturkan jika pada penggunaan alat kecantikan seperti menipedicure di salon dapat menjadi media penularan Hepatitis. Cara penananganan yang tepat dan pencegahan.

Tips Terhindar Dari Penyakit Hepatitis Menurut Dokter

Lebih lanjut oleh dr. Olivia, jika penggunaan barang-barang seperti yang sebetulnya bersifat pribadi, sebaiknya memang tidak digunakan secara bersama-sama. Sama halnya dengan penggunaan alat cukur alis, sikat gigi, alat cukur dan gunting kuku juga menjadi media bagi virus Hepatitis untuk menular ke orang lain. Hal ini dikarenakan, ada kemungkinan kita memiliki luka-luka sangat kecil itu kita sadar. Misalnya, sebelum digunakan oleh kita, peralatan menipeducure tersebut digunakan oleh penderita Hepatitis, dan kemungkinan terdapat noda darah yang tertinggal tanpa sengaja. Kemudian alat itu digunakan oleh orang lain, tentu saja orang tersebut jadi tertular.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *